Kamis, 15 Oktober 2015

Google Street View

Colloseum dalam genggaman, yg dilihat dari Google Street view App

Tugu Jogja juga bisa dilihat di Google Street view app




Apa itu Google streetview? Google streetview adalah sebuah aplikasi yg menampilkan peta dgn panorama 360°, peta ini menampilkan peta 3 dimensi. Jadi jika anda membuka aplikasi ini, maka anda bisa merasakan keadaan tempat yg anda pilih seperti sedang berada Di tempat itu sendiri.

Google Street View di dukung oleh teknologi canggih yang diluncurkan pada 25 Mei 2007. Konsep teknologi Street View pertama kali di kenalkan oleh perusahaan pencitraan digital, Immersive Media. Google telah bekerja sama dengan perusahaan tersebut sejak kali pertama proyek Street View dimulai. Keduanya kemudian mengakhiri kerjasama tersebut pada Oktober 2007.


Bagaimana Google bisa mengetahui semua keadaan yg ada di sekitar anda? pihak Google Streetview biasanya keliling merekam keadaan sekitar menggunakan kamera 360° dgn 11 lensa. Kamera tersebut biasanya dipasangkan diatas atap mobil, namun ada kalanya sistem kamera Google Street View dipasang diatas sepeda, troli, perahu bahkan dipegang oleh seorang operator yang berjalan kaki.


mobil Google Streetview, sedang merekam keadaan kota Samarinda

Perekam Google Streetview, kamera 360° di tas Trekker

Google street view sedang merekam keadaan sekitar dgn sepeda berkamera 360°

Teknik perekaman foto panorama 360 derajat menggunakan sistem kamera 11 lensa yang disebut Dodeca. Ke-11 kamera tersebut merekam gambar dari 11 sudut yang berbeda berdasarkan geometri dodecahedron. Gambar yang direkam oleh kamera tersebut sebenarnya adalah video full-frame resolusi tinggi yang mampu merekam gambar 30 frame per detik. Gambar yang terekam tersebut juga telah memiliki referensi lokasi atau biasa disebut dengan istilah geotag atau georeference.


Setelah proses perekaman selesai dilakukan, proses berikutnya adalah editing dan mosaik (menyatukan gambar menjadi satu) untuk menghasilkan foto panorama 360 derajat sesuai dengan lokasi sebenarnya di lapangan. Google sendiri berkomitmen menjaga privasi warga dengan memburamkan pelat nomor kendaraan dan wajah pengguna jalan yang terekam kamera Street View. Jadi kalau kamu melihat kamera 360° itu sedang lewat, pasang gaya narsismu dan tunggu sekitar 5 bulan utk melihat fotomu diabadikan Di Google Street View app.  😁



Posted via SM-G313HZ


1 komentar: